SlideShow

iact=rc&uact=3&dur=734&page=9&start=194&ndsp=24" />
0

Mengapa Dinding Luar Gelas yang Berisi Es Timbul Titik-titik Air?

Fisika Menjawab

Ketika kita sedang menikmati minuman dingin, tentu saja kita pernah memperhatikan bahwa terdapat titik-titik air di dinding luar gelas minuman tadi. Tahukah kamu dari mana asal titik-titik air tersebut?


Sebagian besar orang beranggapan bahwa titik-titik tersebut berasal dari dalam gelas. Titik-titik air tersebut keluar melalui pori-pori gelas. Beberapa orang juga ada yang mengatakan bahwa es menguap  dan membasahi dinding gelas. Konsepsi orang-orang tersebut bersifat miskonsepsi (salah konsep).


Bintik-bintik air tersebut sebenarnya berasal dari peristiwa pengembunan udara yang berada di sekitar dinding gelas. Udara mengalami pengembunan karena udara di sekeliling gelas melepaskan kalor kepada es dalam gelas sebab suhu udara lebih besar daripada suhu es dalam gelas. Karena udara melepaskan kalor makanya udara berubah wujud menjadi air, yang kita lihat berupa titik-titik air di luar gelas.
Fenomena tersebut dapat kalian buktikan dengan cara mencapur zat pewarna dalam campuran air dengan es tersebut. Titik-titik air tersebut tetap berwarna bening dan tidak berwarna seperti pewarna kalian. Temuan tersebut menunjukkan bahwa titik-titik air tersebut tidak berasal dari dalam gelas.

0 komentar:

Posting Komentar