SlideShow

iact=rc&uact=3&dur=734&page=9&start=194&ndsp=24" />
0

Mengapa Tikus Tanah Tidak Mati Sesak Napas Saat Berada di Dalam Tanah?


Fisika Menjawab
TIkus Tanah Juga Tahu Prinsip Bernoulli


Tikus Tanah
Prinsip Bernoulli menyatakan bahwa di mana kecepatan aliran fluida tinggi, tekanan fluida tersebut menjadi rendah. Sebaliknya jika kecepatan aliran fluida rendah, tekanannya menjadi tinggi. 

Ketika sepeda motor bergerak dengan cepat, maka kecepatan udara di bagian depan dan samping tubuh kita tinggi. Dengan demikian, tekanan udara menjadi rendah. Nah, bagian belakang tubuh terhalangi bagian depan tubuh, sehingga kecepatan udara di bagian belakang tubuh tidak berubah menjadi tinggi (tepat di bagian belakang tubuh kita). Akibatnya tekanan udara di bagian belakang tubuh menjadi lebih besar. Karena ada perbedaan tekanan udara, di mana tepat di bagian belakang tubuh tekanan udara lebih besar maka udara mendorong baju ke belakang sehingga baju kelihatan kembung ke belakang.
Gaya Angkat Sayap Pesawat Terbang juga merupakan salah satu contoh penerapan Hukum Bernoulli.
Pada dasarnya, ada empat buah gaya yang bekerja pada sebuah pesawat terbang yang sedang mengangkasa .
1. Berat Pesawat yang disebabkan oleh gaya gravitasi Bumi
2. Gaya angkat yang dihasilkan oleh kedua sayap pesawat
3. Gaya ke depan yang disebabkan oleh mesin pesawat
4. Gaya hambatan yang disebabkan oleh gerakan udara. 


Bagian depan sayap dirancang melengkung ke atas. Udara yang ngalir dari bawah berdesak2an dengan temannya yang ada di sebelah atas. Mirip seperti air yang ngalir dari pipa yang penampangnya besar ke pipa yang penampangnya sempit. Akibatnya, laju udara di sebelah atas sayap meningkat. Karena laju udara meningkat, maka tekanan udara menjadi kecil. Sebaliknya, laju aliran udara di sebelah bawah sayap lebih rendah, karena udara tidak berdesak2an (tekanan udaranya lebih besar). Adanya perbedaan tekanan ini, membuat sayap pesawat didorong ke atas. Sehingga pesawat dapat terangkat.

Bagaimana dengan daun pintu rumah yang menutup sendiri ketika angin bertiup kencang di luar rumah ? udara yang ada di luar rumah bergerak lebih cepat daripada udara yang ada di dalam rumah. Akibatnya, tekanan udara di luar rumah lebih kecil dari tekanan udara dalam rumah. Karena ada perbedaan tekanan, di mana tekanan udara di dalam rumah lebih besar, maka pintu didorong keluar. Dengan kata lain, daun pintu bergerak dari tempat yang tekanan udaranya besar menuju tempat yang tekanan udaranya kecil.

Gambar di bawah ini adalah gambar lubang tikus dalam tanah. Tikus juga tahu prinsip  Bernoulli. Si tikus tidak mau mati karena sesak napas, karenanya tikus membuat 2 lubang pada ketinggian yang berbeda. Akibat perbedaan ketinggian permukaan tanah, maka udara berdesak2an dengan temannya (bagian kanan). Mirip seperti air yang mengalir dari pipa yang penampangnya besar menuju pipa yang penampangnya kecil. Karena berdesak2an maka laju udara meningkat (Tekanan udara menurun). 

Lubang Tikus dalam Tanahv = laju    P = tekanan

Karena ada perbedaan tekanan udara, maka udara dipaksa mengalir masuk melalui lubang tikus. Udara mengalir dari tempat yang tekanan udara-nya tinggi ke tempat yang tekanan udaranya rendah, sehingga tetap ada aliran udara yang masuk pada lubang yang dibuat tikus dalam tanah dan tikus masih dapat bernapas dan tidak mati karena sesak napas.

0 komentar:

Posting Komentar