SlideShow

iact=rc&uact=3&dur=734&page=9&start=194&ndsp=24" />
5

Kenapa Laut Bisa Punya Warna yang Berbeda-beda?


 Kita Bertanya, Fisika Menjawab


Putih
Warna air laut bergantung pada molekul air dalam menyerap dan memantulkan cahaya matahari, zat air yang terlarut di air laut tersebut, jenis endapan, serta organisme yang hidup dalam dasar laut.
Penyebab air laut berwarna putih adalah karena ada endapan glacial di dasar lautnya. Biasanya terdapat di daerah kutub.

Hijau
    Air laut bewarna hijau disebabkan oleh adanya fitoplankton yang memancarkan kandungan klorofilnya untuk melakukan fotosintesis. Pada saat terkena cahaya matahari, klorofil pada fitoplankton menyerap sebagian besar warna merah dan warna biru, dan memantulkan warna hijau. Air laut berwarna hijau biasa terlihat di perairan dekat pantai.
Kuning
Laut berwarna kuning disebabkan banyaknya endapan lumpur di dasar laut tersebut. Lumpur tersebut merupakan hasil metabolisme dari berbagai material di darat yang menghasilkan tanah yang berwarna coklat kekuningan, yang terbawa aliran air hingga sampai di lauan. Contoh perairan ini laut kuning di perairan antara Jepang dan China.



Biru
Laut berwarna biru merupakan warna laut yang paling sering kita lihat. Warna biru pada dasarnya merupakan warna pantulan gelombang panjang sinar ultraviolet, maka tak heran hampir semua laut di dunia berwarna biru. Sinar biru matahari paling banyak dipantulkan daripada sinar-sinar lainnya.

Hitam
Pada dasar perairan yang berwarna hitam, terdapat banyak endapan tanah loss berwarna hitam. Contohnya Laut Hitam yang berada di antara Saudi Arabia dan Mesir.




Ungu


Laut berwarna ungu karena adanya organisme kecil yang mengeluarkan sinar-sinar fosfor. Contohnya adalah Laut Ambon.




Merah


Laut berwarna merah karena banyak binatang-binatang kecil berwarna merah yang terapung-apung. Contohnya adalah Laut Merah.